});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Air Terjun Donok


Tanjungbungo - Kali ini kita akan mengulas Air terjun yang baru di ekspose dan terdaftar sebagai desa wisata mendukung program pemerintahan untuk memulihkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Tentunya belum banyak diketahui para traveler dan bisa menjadi referensi kamu diakhir pekan. Kepahiang, kabupaten di Provinsi Bengkulu ini memang menjadi penyumbang wisata alam yang banyak dan terkenal indah tentunya.

Banyaknya variasi Air terjun disuatu lokasi membuat pelancong betah berlama-lama, apalagi air terjun yang disajikan dalam tempat yang sama. Air terjun ini disebut dengan Air terjun Donok. Terletak di Batu Ampar, Air Terjun Donok menjadi salah satu spot wisata desa yang baru di kabupaten Kepahiang. Akses menuju lokasi melewati kebun kopi warga dan persawahan yang telah memiliki jalan yang dapat dilalui satu motor saja. Dengan medan yang berbukit sehingga anda harus hati-hati. Sedangkan dengan menggunakan roda empat, hanya bisa sebatas plang nama dan tracking atau berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 KM.


Cerita perjalanan dimulai dari kota Bengkulu. Menempuh jarak 1 Jam 30 Menit untuk sampai ke kabupaten Kepahiang melewati pegunungan yang sejuk dan alami. Tepat di perbatasan antara Kepahiang dan Curup, kita selanjutnya menuju lokasi ke arah RSUD Curup. Setelah melewatinya akan ada gang sebelah kanan berjarak 500 Meter bertuliskan kolam pemancingan dan kita harus masuk sampai nampak tulisan waisata Air Terjun Donok, Desa Batu Ampar.

Sebelumnya kami sudah membeli makanan yang cukup saat berada di kawasan wisata Air Terjun Donok ini. Ada yang beli cemilan mie instan dan Nasi Bungkus.


Pondokan milik warga yang mempunyai kebun kopi berdeketan dengan Air Terjun Donok berada, bisa menjadi tempat parkir yang aman dengan membayar 5000 rupiah per motor. Tempat penitipan helm serta tempat ganti pakaian pun sudah tersedia disini, meskipun memang masih terbuat dari pelupuh dan atap rumbiah. Sedangkan untuk masuk ke lokasi tidak dipungut biaya, asyik bukan ?

Dari parkiran kendaraan roda dua ini, kita menuruni tangga untuk mencapai Air Terjun. Setelah sampai, kita langsung disambut dengan aliran  sungai yang dingin. Air terjun pertama dengan mengalir di bebatuan tidak memiliki arus.

Dari sini nampak air terjun utama, kita  dapat mandi disini. Sekelilingnya terdapat goa kecil dan batuan yang cukup gelap. Foto akan menunjukan anda lebih natural dan traveler sejati.

Related : Air Terjun Donok

0 Komentar untuk "Air Terjun Donok"

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...