Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Thursday 10 June 2021

Air Terjun Donok



Tanjungbungo - Kali ini kita akan mengulas Air terjun yang baru di ekspose dan terdaftar sebagai desa wisata mendukung program pemerintahan untuk memulihkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Tentunya belum banyak diketahui para traveler dan bisa menjadi referensi kamu diakhir pekan. Kepahiang, kabupaten di Provinsi Bengkulu ini memang menjadi penyumbang wisata alam yang banyak dan terkenal indah tentunya.

Banyaknya variasi Air terjun disuatu lokasi membuat pelancong betah berlama-lama, apalagi air terjun yang disajikan dalam tempat yang sama. Air terjun ini disebut dengan Air terjun Donok. Terletak di Batu Ampar, Air Terjun Donok menjadi salah satu spot wisata desa yang baru di kabupaten Kepahiang. Akses menuju lokasi melewati kebun kopi warga dan persawahan yang telah memiliki jalan yang dapat dilalui satu motor saja. Dengan medan yang berbukit sehingga anda harus hati-hati. Sedangkan dengan menggunakan roda empat, hanya bisa sebatas plang nama dan tracking atau berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 KM.


Cerita perjalanan dimulai dari kota Bengkulu. Menempuh jarak 1 Jam 30 Menit untuk sampai ke kabupaten Kepahiang melewati pegunungan yang sejuk dan alami. Tepat di perbatasan antara Kepahiang dan Curup, kita selanjutnya menuju lokasi ke arah RSUD Curup. Setelah melewatinya akan ada gang sebelah kanan berjarak 500 Meter bertuliskan kolam pemancingan dan kita harus masuk sampai nampak tulisan waisata Air Terjun Donok, Desa Batu Ampar.

Sebelumnya kami sudah membeli makanan yang cukup saat berada di kawasan wisata Air Terjun Donok ini. Ada yang beli cemilan mie instan dan Nasi Bungkus.


Pondokan milik warga yang mempunyai kebun kopi berdeketan dengan Air Terjun Donok berada, bisa menjadi tempat parkir yang aman dengan membayar 5000 rupiah per motor. Tempat penitipan helm serta tempat ganti pakaian pun sudah tersedia disini, meskipun memang masih terbuat dari pelupuh dan atap rumbiah. Sedangkan untuk masuk ke lokasi tidak dipungut biaya, asyik bukan ?

Dari parkiran kendaraan roda dua ini, kita menuruni tangga untuk mencapai Air Terjun. Setelah sampai, kita langsung disambut dengan aliran  sungai yang dingin. Air terjun pertama dengan mengalir di bebatuan tidak memiliki arus.

Dari sini nampak air terjun utama, kita  dapat mandi disini. Sekelilingnya terdapat goa kecil dan batuan yang cukup gelap. Foto akan menunjukan anda lebih natural dan traveler sejati.


13 comments:

  1. Belum pernah ke sini, asyik yaa bisa wisata air terjun murah meriah dengan pemandangannya bagus banget, apalagi prakirannya juga aman

    ReplyDelete
  2. Elok nian eui air terjun Donok ni, kapanlah bisa main air ke situ

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah. Segar sekali pemandangan sekitar air terjunnya ya Kak. Jadi pengen pulang Bengkulu. Asyik sekali, jd pengen makan bersama jg di kawasan air terjun. Semoga pandemi segera berlalu, aamiin, jd bisa pulang tnpa was2.

    ReplyDelete
  4. Wah jadi rindu jalan jalan, semoga masa pandemi berlalu dan bisa ke lokasi indah seperti air terjun

    ReplyDelete
  5. Sedapnyeee. Emang seru yo Ang kalo main ke Air Terjun tuh rame-rame, apalagi kalo bawa bekal makan siang. Wadidawww

    ReplyDelete
  6. La samo tinggi pulo dengan air terjun tuh ding, hahaha. Ini romansa kalian sono galo itu kan

    ReplyDelete
  7. Waah asik banget nih, air terjunnya juga terlihat sangat segarr..
    Nikmati kopi hitam sambil mantengin air terjun ini, kaya mantep tuh

    ReplyDelete
  8. Waah cakep banget nih, sepertinya kapan-kapan kita bisa atur untuk travelling bareng bro.

    ReplyDelete
  9. Kalu ke kepahiang lagi, mampir lah ke sini dak. Jangan beli kategori bae, hehehe

    ReplyDelete
  10. Hmm aksesnya cuma bisa pakai motor... Agak sulit ya kalau perginya bareng keluarga atau bawa anak-anak.

    ReplyDelete
  11. Nah habis makan mie instan dan nasi bungkus, sampahnya bawa pulang ya... Biar air terjunnya selalu bersih.

    ReplyDelete
  12. Udah lama nggak menyambangi wisata alam di Kepahyang. Jadi rinduuuu banget. Hikss

    ReplyDelete
  13. Wah baru tau ada air terjun ini, aksesnya sepertinya juga mudah ditemukan dan aman pula ya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...