Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Uniknya Parkiran Masjid Muhajirin Bumi Ayu Bengkulu


Tanjungbungo
- Masjid menjadi tempat ibadah bagi muslim didunia ini. Faktanya, Indonesia menjadi negara yang paling banyak memilki bangunan tersebut. Lebih dari 800.000 masjid ada dinegara kita, mulai dari sabang sampai Merauke. Kali ini di Kota Bengkulu, ada masjid berlokasi didalam gang namun punya keunikan yang tak dimiliki masjid lainnya. Berjuluk masjid Muhajirin, ia cocok menjadi wisata religi, kenapa? Simak sampai habis..



Perlu efforts memang untuk mencapai masjid Muhajirin kota Bengkulu yang besar dan nyaman dengan parkiran yang luas. Sebelumnya mari kita bahas apa saja yang dimiliki masjid tersebut..


1. Beduk Besar



Tidak banyak lagi masjid yang memiliki alat pemanggil ini, namun masjid Muhajirin tetap mempertahankan. Disudut depan kanan atau dipelataran bangunan megah ini terdapat beduk dengan diamater tak kurang dari 1 meter membuatnya tambah unik. Setiap masuk waktu sholat kita akan disuguhkan pukulan beduk tersebut, mengingatkan pada zaman dahulu dimana belum terdapat listrik. Selain pertanda masuk waktu sholat, beduk juga bisa mengisyaratkan kejadian berupa kematian, bencana dan sebagainya dengan masing-masing ketukan yang berbeda-beda.


2. Tempat Parkir Warna-warni

Daya pikat masjid ini terletak pada pekarangan atau tempat parkirnya. Luasnya mencapai setengah hektare dengan dua warna kontras dibagian dasarnya yang terbuat dari beton. Hijau dan Orange merupakan pilihan yang diterapkan oleh pengurus sehingga tampak luas dan bersih. Parkiran menjadi faktor bagi orang untuk ketempat ibadah, apabila aman dan tersedia banyak maka akan khusyuk sholat orang tersebut.


3. Pelataran dengan Jendela Luas




Sekeliling masjid punya tempat untuk mengaji, dan melakukan aktifitas lainnya. Seperti untuk membaca dan bermain anak, bercengkrama dengan sohib, maupun hanya sekedar tempat bersantai. Luasnya sekitar 2 m dan mengelilingi bangunan utama ini juga sebagai pelindung dikala hujan, air tidak serta masuk karena terlebih dahulu mengenai pelataran.




Masjid Muhajirin terletak di Kelurahan Bumi Ayu, kota Bengkulu persis disamping kantor lurah. Bisa diakses melalui google maps Jl. Bumi Ayu Raya No.25, dari jalan utama hanya berjarak kurang lebih 100 meter. Bangunan ini bertipe modern dan sangat cantik dimalam hari karena punya ornamen lampu dan plank nama yang besar. 


Luasnya tak kurang dari 1 hektare, untuk membersihkan tempat ini memakan waktu 3 jam menurut penuturan penjaga masjid saat ditemui. Beribadah sangat nyaman ditempat ini berlama-lama pun tidak akan bosan karena sejuknya. Jangan lupa berfoto untuk melengkapi feed media sosial kamu, juga untuk mengenalkan masjid ke kaula muda. Karena allah menjamin anak muda yang hatinya terpaut dengan masjid akan mendapat surganya, Insya allah.


Related : Uniknya Parkiran Masjid Muhajirin Bumi Ayu Bengkulu

0 Komentar untuk " Uniknya Parkiran Masjid Muhajirin Bumi Ayu Bengkulu"

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...