Tanjungbungo.com

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Monday 24 July 2023

Ada yang beda di Festival Tabut 2023


Tanjungbungo – Festival tahunan milik Bengkulu kembali digelar pada bulan ini berlangsung selama 10 hari dengan bazar-bazar serta pernak-perniknya bertempat di lapangan Merdeka kota Bengkulu.

Pelaksanaan tabut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (1 Muharram hingga 10 Muharram) yang bertepatan pada 18 hingga 28 Juli mendatang, diyakini kegiatan ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Bengkulu yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

Baca Juga : Festival Tabut, Perayaan Menyambut Muharam di Bengkulu

Festival Tabut 2023 resmi dibuka Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Event Tabut tahun ini tampak istimewa karena masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



Namun disamping masuk KEN ada yang membuat Festival Tabut 2023 kali ini cukup berbeda. Orang nomor satu di Indonesia, Presiden Republik Indonesia Jokowi turut menyaksikan berbarengan dengan kunjungan kerjanya ke Bengkulu baru-baru ini.

Presiden RI Joko Widodo hadir di sana didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah tepatnya Rabu (19/07) malam, banyak hal yang menarik ketika ia berada di Festival Tabut 2023.

Tampak antusias masyarakat menyambut kehadiran Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menyempatkan berfoto dengan peserta festival dan pengunjung serta membagikan beberapa kaos.

Kedatangan Jokowi disambut riuh pengunjung. Bahkan orang nomor satu di Indonesia ini dielu-elu saat naik ke atas panggung utama.

Presiden Jokowi hadir didampingi Menteri PUPR dan sejumlah pejabat lainnya. Jokowi datang mengenakan stelan kasual, perpaduan kaos lengan panjang berwarna coklat kekuningan dan celana jeans hitam plus sepatu kets.

Dari atas panggung, Presiden menyapa warga dengan melambaikan tangan ke semua penjuru suara yang menyebut-nyebut namanya. “Pak Jokowi. Pak Jokowi. Sini pak,” teriak pengunjung.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyaksikan penabuhan musik khas Bengkulu, dhol, yang ditampilkan para pelajar SD di Bengkulu.

Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi yang terlihat senang sempat membagikan kaos kepada para penonton di arena Festival Tabut. Presiden juga meninjau sejumlah pelaku UMKM yang memadati arena bazar di Festival Tabut 2023.



Momen tabut ini akan menampilkan berbagai kesenian dari pelaku seni di Provinsi Bengkulu, dan ada juga lomba-lomba untuk memeriahkan Festival Tabut 2023 seperti atraksi dhol, tari kreasi, telong-telong, dan ikan-ikan. Di samping itu, juga ada kolaborasi budaya antar provinsi-provinsi tetangga.

Itulah perbedaan Festival Tabut 2023 kali ini dibanding tahun-tahun lalu. Ayo dukung perkembangan wisata kita kedepan dengan mempromosikan ke daerah lainnya. Bisa memberikan cerita, foto dan video ke media sosial kamu.


Tulisan ini dalam rangka #NulisSermpak bersama Blogger Bengkulu

9 comments:

  1. Bangga nian dikunjungi Bapak Presiden RI, walaupun dak nengok secara langsung, vibes bangganyo untuk Bengkulu makin makinn . .

    ReplyDelete
  2. Kmren katanya presiden juga bagi² kaos di arena tabut tuh... sayang bener aku gk kebagian... hikssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rejeki nya belum mbak. Ntar kalo ketemu minta sepeda sekalia wkwkw

      Delete
  3. Suka ada lomba-lombanya ya bang, seru banget tuh pasti pada keren-keren yang tampil. Hadianya apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang dan Piagam Penghargaan dari Pemda bang

      Delete
  4. Kehadiran Bapak Presiden nampaknya memberikan kesan tersendiri pada festival Tabot kali ini ya, btw ngambil fotonya bisa sedekat itu ya dek dengan presiden, hehe. Kita cuma kebagian lihat mobilnya pas berpapasan aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada noh d ig nya pemprop, jadi sikat aje wkwk

      Delete
  5. Keren nih ada pak jokowi ke Bengkulu
    semoga makin dikenal Bengkulu setelah ini

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...