Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Monday 1 August 2022

Catat, Ini Rangkaian Festival Tabut 2022

 


Tanjungbungo – Setelah dua tahun tidak dilaksanakan festival Tabut Bengkulu, kali ini kembali digelar. Setiap tanggal 1 Muharram dalam penanggalan Islam masyarakat Bengkulu akan melaksanakan pagelaran terbesar dalam memperingati perjuangan cucu nabi Muhammad Sholallahu ‘alahi Wasallam, Hasan dan Husein. Pada tahun 2022 ini, Tabut diselenggarakan mulai dari tanggal 29 Juli hingga 8 Agustus. Apa saja rangkaiannya selama 10 hari tersebut, jom simak..

Festival Tabut Bengkulu merupakan event tradisi yang bersifat ritual dan kolosal. Guna menyambut tahun baru Islam dan mengenang kepahlawanan Husein bin Abi Thalib dalam peperangan di Padang Karbala, dan sudah dilaksanakan secara rutin sejak tahun 1995. Secara umum, konsep festival dibagi menjadi 2 yaitu proses ritual dilaksanakan oleh Kerukunan Keluarga Tabut(KKT) dan Festival Tabut oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.

29 Juli 2022 – Prosesi Ngambik Tanah

Berlokasi di Keramat Pantai Nala dan Gerga Tabut Imam Berkas. Para keluarga KKT melakukan pengambilan tanah yang dimulai pukul 22.00 WIB hingga berkahir pada pukul 00.00 WIB. Hal tersebut merupakan symbol asal muasala manusia yakni dari tanah dan akan Kembali ketanah.

 

2 Agustus – Pagelaran Seni dan Budaya

Akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno. Berlokasi di lapangan Merdeka mulai pada pukul 19.30 WIB yang akan menampilkan berbagai pertunujkan seperti Tari, Uli Tari Soja, Story of Tabut, Komposisi Musik Dol, Telong-telong dan penampilan dari Bujang Gadis Bengkulu.

2 Agustus – Duduk Penja(mencuci jari-jari)

Simbol menyucikan diri yang diawali dengan kedua tangan. Harapannya manusia selalu bersih lahir maupun batinnya.

3, 4 Agustus – Menjara I dan II

Perjalanan Panjang dimalam hari dengan ark-arakan Dol, bendera, dan panj-panji kebesaran sebagai simbol perang Karbala.

5 Agustus – Arak Jejari(Arak Penja)

Menghargai jasa Alhusein saat berperang yang dianggap sebagai syuhada dan pengorbanannya terhadap Islam.

6 Agustus – Arak Seroban(mengarak surban)

Simbol mengembalikan ikat kepala Husein bin Abi Thalib yang dirampas atau dicuri sebagai mahkota kehormatannya

 

7 Agustus - Tabut Imam Naik Puncak

 

7 Agustus – Arak Gedang/Tabut Besanding

Semua simbol dan Tabut dikumpulkan dalam satu tempat yang merupakan malam puncak festival tabut yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu di lapangan Merdeka pada malam puku 20.00 WIB hingga 23.00 WIB

8 Agustus – Tabut Tebuang

Bertempat di Padang Karbala Bengkulu, sebuah ekspresi membuang keburukan, kesombongan dan kebiadaban dalam diri manusia.

 

Demikianlah rangkaian Festival Tabut Bengkulu tahun 2022, agar dapat menjadi referensi saat berkunjung ke Bengkulu. Selalu terapkan protokol Kesehatan, masa pemulihan pasca pandemi belum berkahir. Pantau terus perkembangan festival Tabut Bengkulu dan meriahkan dengan cara menghadiri keramaian asli Bengkulu ini.

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...