Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Monday 18 July 2022

Pengen Lihat Bunga Rafflesia di Bengkulu, Coba Cek Lokasi Ini


Tanjungbungo
– Bengkulu merupakan salah satu tempat tumbuhnya puspa langka yang disebut dengan Bunga Rafflesia. Tahukah kamu, bahwa bunga ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia. Pernah ditemukan diameter terbesar bunga Rafflesia mencapai 105 centimeter dengan berat hampir 11 Kilogram.

Provinsi Bengkulu untuk pertama kalinya ditemukan Bunga Rafflesia Arnoldi di Bengkulu Selatan pada tahun 1818 oleh Dr Joseph Arnold bersama Thomas Standford Raffles gubernur kala itu di Kawasan Hujan Tropis.

Memang bunga ini merupakan tumbuhan parasit yang bergantung pada inangnya berupa pohon besar dan sejenisnya. Ia tidak memiliki daun, batang dan akar. Berupa kuncup atau bunga mekar yang hanya dilengkapi haustarium yakni jaringan yang menghisap sari makanan hasil fotosintesis dari tumbuhan inangnya.

Bunga Rafflesia menjadi flora yang dilindungi dengan UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Berikut daftar lokasi di Bengkulu yang biasa ditemukan bunga rafflesia :

1.       Taba Penanjung – Kepahiang

Daerah yang biasa dikenal oleh masyarakat lokal dengan Gunung atau Hutan Lindung Bikit Daun, merupakan lokasi yang saat ini paling banyak ditemukan bunga Rafflesia. Vegetasi pohon besar yang masih melimpah merupakan rumah bagi puspa langka tersebut. Spanduk di pinggir jalan biasanya akan menampilkan informasi jika ada Bunga Rafflesia yang sedang mekar.

2.       Padang Guci

Tepatnya di Kabupaten Kaur, Berbatasan langsung dengan Lampung. Hutan Lindung Raja Mandara orang sering menyebutnya merupakan habitat asli dari Rafflesia Arnoldi yang pertama kali ditemukan.

3.       Kemumu, Bengkulu Utara

Hutan Lindung Boven Lais tidak kalah banyaknya tempat habitat bunga Rafflesia. Banyak pula ditemukan spesies baru disini, bahkan di tahun 2017 ditetapkan satu jenis baru yakni Rafflesia Kemumu.

4.       Desa Lubuk Lagan, Seluma

Desa yang berada di kecamatan Talo Kecil ini masih memliki banyak kawasan hutan. Oleh sebab itulah banyak muncul Puspa Langka di daerah ini. Terpantau pada tahun 2021 Rafflesia Arnoldi mekar yang beberapa waktu sebelumnya mekar juga bunga bangkai atau kibut.

 

Memang di Bengkulu rata-rata terdapat tempat mekar bunga Rafflesia, tapi tidak seintens dari beberapa lokasi diatas. Jika kamu wisatawan yang sedang berkunjung ke Bengkulu coba cek dilokasi-lokasi yang disebutkan tadi. Jarang-jarang kamu bisa menemukan bunga raksasa ini. Bisa jadi kamu orang yang beruntung dari sekian banyaknya wisatawan yang dating ke Bengkulu

 

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...