});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Kue Talam Panganan Tradisional Legend Bengkulu


Tanjungbungo
– Kue Talam itulah sebutannya, bukan tanpa alasan sehingga nama itu disematkan pada panganan khas Bengkulu ini. Karena memang kue ini berwadahkan piring atau wadah yang terbuat dari kaleng atau biasa disebut dengan talam(bahasa daerah).

Kue ini terbuat dari ketan beras yang terdiri dari dua lapisan.Dimana lapisan atas biasa mendapat campuran gula merah serta aneka rasa dari bahan alami. Pertama menggunakan toping atau atasan daun suji dan yang kedua menggunakan pandan sebagai bahan dasarnya.


Sari pati tumbuhan Suji dan Pandan ini disaring lalu ditambahkan keadonan atas kue. Dengan begitu kue akan terlihat jauh lebih menarik daripada hanya satu warna saja.

Adonan yang dibuat tentunya ada dua, dengan bahan campuran rasa dan gula merah yang diletakan di adonan utama dengan rasa yang original. Uniknya saa memakan kue ini kita biasa memisahkan kedua bagian kue, asik bukan ?


Memasak kue Talam masih menggunakan cara yang tradisional pula yakni menggunakan kayu bakar. Menggunakan tungku yang di buat sedemikian rupa hingga meletakkan piring atau wadah pas berada di atas api kayu bakar yang akan menghasilkan aroma yang khas.

Biasanya disajikan dengan irisan mengotak , lupis atau segitiga agar mudah dikosumsi dengan minuman kopi atau the hangat, pasti akan menambah nikmatnya kue legenda ini.

Dalam perkembangannya bahan dasar kue Talam dapat diganti dengan menggunakan ubi kayu. Namun tentunya tekstur yang dihasilkan akan sedikit padat dan cukup kasar. Tinggal selera lidah kamu yang memilih mana yang lebih disukai.

Kue Talam memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang legit dan kenyal serta sedikit basah. Sehingga cocok sebagai kudapan atau makanan saat kumpul bersama keluarga di acara tertentu karena membuatnya cukup mudah dan praktis tentunya.

Di Bengkulu biasa ditemukan dalam hajatan berskala besar seperti pernikahan, aqikah, syukuran serta acara  adat lainnya. Makan kue Talam pasti akan bikin kamu ketagihan namun cepat kenyang karena mengingat bahan dasarnya adalah tepung beras.

Kue ini hanya mampu bertahan 24 jam saja suhu ruangan karena bahan yang digunakan masih alami tanpa bahan pengawet, paling enak disajikan  ketika masih panas. Tertarik mencobanya ?

Jika kamu ingin mencoba panganan ini bisa kamu temukan di kawasan jembatan Semarang kota Bengkulu yang buka setiap hari dengan harga hanya Rp.10.000 kamu bisa mendapat satu piring kue legend yang enak ini.

 

 

Related : Kue Talam Panganan Tradisional Legend Bengkulu

0 Komentar untuk "Kue Talam Panganan Tradisional Legend Bengkulu"

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...