});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Panti Jompo Tresna Werdha Bengkulu


Tanjungbungo
– Menjadi tua adalah hakekat kehidupan manusia. Dirawat oleh anak-anak merupakan impian dari semua bapak dan ibu Lansia seluruh dunia di penghujung hidupnya. Namun, ada beberapa orang yang kurang beruntung menghabiskan sisa umurnya di Panti Jompo.

Indonesia, negara kita yang kita sayangi ini mengatur orang tua lansia yang sudah mencapai 60 tahun ke atas terutama yang terlantar karena faktor tertentu dan hidupnya bergantung pada orang lain maka mendapat akses ke Panti Sosial sebagai usaha negara untuk Rehabilitasi Sosial yang bertempat di pemerintahan daerah ataupun Provinsi. Peraturan ini sudah tertuang dalam permensos Nomor 5 tahun 2018.

Bengkulu punya satu panti jompo dengan nama Tresna Werdha yang beralamat dijalan Adam Malik Kilometer 09 Kecamatan Gading Cempaka, kota Bengkulu. Perlu diketahui, bahwasannya satu provinsi hanya terdapat satu panti jompo yang berhak untuk melakukan penanganan permanen ke lansia yang kekurangan atau memiliki kendala sosial. Sedangkan untuk kabupaten/kota hanya merupakan rumah singgah yang akan bermuara ke satu panti jompo tersebut.

Selintas Tentang Panti Tresna Werdha

Pada tahun 1979 didirikan berlokasi di Pagar Dewa kecamatang Talang Empat Kabupaten Bengkulu Utara dengan luas mencapai 20.985 m², Luas Bukan? Barulah tahun 1988 lokasi tersebut berganti toritorial menjadi daerah Sidomulyo kecamatan Gading Cempaka. Terdapat Aula yang besar dan Masjid serta fasilitas yang presentatif saat ini.

Memiliki koordinasi dengan banyak instansi kesehatan dan stakeholder lainnya punya daya tampung 100 orang, saat ini sebanyak 68 orang lansia berada Panti Sosial Lansia ini. Terdiri dari 40 orang Kakek dan 28 orang Nenek dengan berbagai daerah asal dan banyak faktor.

Produktifitas para lansia terus dilatih untuk mengasah kembali kemandirian dimasa tuanya diantaranya membuat anyaman, alat tangkap ikan, dan lainnya. Tak lupa kegiatan kerohanian terus dilaksanakan untuk mengisi hari-hari dan mengusir kejenuhan.

 

Kondisi Panti dan Keperluan

Makanan dan Pola Hidup sudah diperhitungkan dengan berbagai program. Gizi pun sudah sangat terpenuhi konsultasi bersama ahli gizi. Kegiatan pun sudah terstandar nasional dengan pengawasan yang baik. Namun masalah sosial harus bergandengan tangan agar dapat mengurangi beban ataupun hal-hal yang bisa dibilang mendesak(urgent).

Jika punya hajat dan niat menghibur, kurang lebih 40 orang bisa diajak berkumpul dan berbagi bersama dan sisanya memiliki kendala kesehatan dan faktor lainnya.

Mari peduli sesama dengan memuliakan lansia di Panti Tresna Werdha Bengkulu. Hadirkan tawa dan senyum di wajah mereka dan temukan bahagia, tangis, haru disana !!!

Related : Panti Jompo Tresna Werdha Bengkulu

1 Komentar untuk "Panti Jompo Tresna Werdha Bengkulu"

Kalau ngga salah, di gading cempaka juga ada panti jompo kak. Yang di samping kampus 4 UMB.

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...