});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Resep Masakan Sehari – Hari Ala Makanan Khas Sunda


Keberagaman di Indonesia ternyata tidak hanya terletak pada suku bangsanya saja melainkan juga ke jenis makanannya. Karena Indonesia terdiri banyak suku dan budaya jadilah menu khas di tiap daerah pun berbeda – beda dan memiliki ciri khasnya masing – masing. Salah enu nusantara yang disukai banyak orang adalah menu makanan khas Sunda atau makanan khas dari daerah Jawa Barat. 

Biasanya menu masakan sunda ini didominasi dengan rasa asin, gurih, dan juga pedas. Citarasa masakan khas Sunda ini juga sangat bisa diterima oleh lidah banyak orang diluar sana. Selain bisa ditemukan di restoran yang menjual menu masakan khas Sunda, ternyata masakan sunda ini juga bisa dengan mudah anda buat sendiri dirumah.

Karena rata – rata masakan sunda ini dibuat dari bahan – bahan berupa sayuran, jadi cara pembuatannya pun sangatlah mudah. Jadi untuk anda yang sering merasa kebingungan untuk menentukan menu harian dirumah. Anda bisa mengikuti resep masakan sehari hari ala Sunda berikut ini yang mudah ditiru dan soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi.


Berikut rangkuman mengenai resep masakan rumahan khas sunda yang bisa jadi referensi untuk anda dirumah.

1. Sayur Asem

Bahan yang dibutuhkan :

- ½ buah labu siam, potong kotak - 3 sdm air asam jawa

- 1 buah jagung manis, potong jadi 6 bagian - 3 lembar daun salam

- ½ buah terong, potong kota - 1 ruas lengkuas

- 15 lembar daun melinjo - 1 sdt terasi

- 1 ons buah melinjo - Garam dan gula

- 1 genggam kacang tanah - 3 buah cabai merah

- 5 buah kacang panjang - 2 buah kemiri

- 1 sdm gula merah - Suing bawang putih

Cara Membuat :

- Pertama cuci bersih semua sayuran yang akan digunakan

- Setekah itu siapkan panci dan rebus air bersamaan ddengan sayur seperti labu siam, terong, jagung, dan buah melinjo sampai matang.

- Setelah itu masukan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, dan juga kemiri. Kemudian jangan lupa tambahkan lengkuas, daun salam, dan juga air asam jawa.

- Setelah itu masukan juga kacang panjang dan daun melinjo kedalam panci.

- Terakhir masukan gula merah dan garam secukupnya. Jika rasa sudah dirasa pas maka sayur asem siap untuk disajikan.


2. Karedok

Bahan yang dibutuhkan :

- 5 buah kacang panjang, dipotong kecil

- 1 buah mentimun, iris kecil

- 3 lembar bunga kol, iris tipis

- ½ ons tauge

- 2 buah terong bulat, potong kecil

- ½ ikat daun kemangi

Bahan untuk bumbu :

- 1 ons kacang tanah sangria

- 1 buah cabai merah

- Cabai rawit sesuai selera

- Terasi sedikit

- 2 ruas kencur

- ½ suing bawang putih

- Garam dan gula merah

- 1 sdt air asam jawa

Cara Membuat

- Pertama haluskan cabai, terasi, kencur, bawang putih, serta garam dan gula.

- Selanjutnya tambahkankacang tanah dan air asam jawa kemudian haluskan sampai semuanya tercampur rata.

- Setelah bumbu halus masukan semua sayuran yang sudah diiris lalu aduk aduk sampai semuanya bumbunya merata.

- Dan karedok pun sudah siap disajikan, anda bisa menambahkan kerupuk sebagai pelengkapnya.


Related : Resep Masakan Sehari – Hari Ala Makanan Khas Sunda

3 Komentar untuk "Resep Masakan Sehari – Hari Ala Makanan Khas Sunda"

Dulu aku taunya masakan sunda itu didominasi oleh rasa manis plus lalapan. Ternyata enggak juga ya, malah asin, gurih dan pedas. Hehe.. Tapi apapun masakannya, buat aku yang doyan makan ini, pasti enak semua dah .Haha

Nah tinggal nunggu eksekusi aja nih, Ang. Resepnya udah punya wkwk

Kalo lgi lapar, gak liat resepnya lagi wkkwk yang penting lahap aja

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...