Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Monday 28 February 2022

Kawasan Kota Tuo


Tanjungbungo
- Salah satu objek wisata yang terletak di kota Bengkulu. Pantai, Sungai Bangkahulu dan Persawahan menjadi view yang dapat dinikmati secara bersamaan. Banyak terdapat spot foto yang Instagramable dengan sunset yang memanjakan mata menambah keesotisan tempat ini. Letaknya berada diujung kota Bengkulu atau secara demografi masuk dalam kelurahan pasar Bengkulu kurang lebih 7 km dari pusat kota(Simpang Lima).


Fasilitas yang tersedia sudah sangat mempuni mulai dari lampu penerangan, toilet, parkir dan tempat jajanan. Ada banyak gazebo yang futuristik dan tempat duduk lainnya tentunya cocok untuk bermain bersama keluarga. Landmark kawasan kota tuo terpampang didekat jembatan sungai Bangkahulu menjadi pilihan utama untuk foto-foto memenuhi sosial media kamu. Perahu juga disediakan sebagai fasilitas untuk mengarungi sungai serta berwisata air disini.



Latar Belakang



Sebelumnya daerah kawasan kota tuo merupakan kawasan kumuh yang tidak terurus dan banyak sampah dimana-mana, abrasi oleh sungai mulai terjadi dan menjadi tempat gelap yang kerap dijadikan sarana anak muda melakukan hal tak senonoh namun di gubah dan ditata oleh pemerintah melalui kementrian PUPR dan Kotaku. Sehingga menjadi kawasan wisata andalan yang dapat memajukan dan sekaligus menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Pengelolaannya pun diserahkan pada penduduk setempat agar dijaga dan dipelihara dengan baik. 


Pembangunan direncanakan III tahap

Saat ini baru tahap pertama dimana lokasinya hanya sekitaran jembatan. Namun kedepannya akan dibangun lagi mencapai jembatan Kampung Kelawi dimana terdapat wisata air, sejarah, sekaligus wisata edukasi tempat pembuatan kapal kecil dan besar.


Untuk masuk kekawasan kota tuo tidak dipungut biaya hanya saja dikenakan tarif parkir. Disini pun terdapat situs sejarah berupa benteng peninggalan Inggris yakni benteng fort de york didekat kantor urusan agama(kua) pasar Bengkulu. Ada banyak tempat ibadah disekeliling wisata kawasan kota tuo jadi tidak perlu ragu untuk berlama-lama disini. Kuliner yang tersedia cukup banyak apalagi dengan penduduk yang rata-rata nelayan seafood menjadi andalan dipadukan dengan es kelapa muda yang segar pasti bikin ketagihan.



Ayo! tunggu apa lagi ajak keluarga, sahabat, orang tersayang untuk berwisata di kawasan kota tuo Bengkulu dan nikmati sensasi bernostalgia di zaman dahulu dengan sentuhan kekinian.  Lepaskan kepenatan selama bekerja dan nikmati pemandangan yang menyejukan mata, berfoto ria serta abadikan momen-momen yang menyenangkan itu jangan lupa untuk menikmati kuliner khas disini kapan perlu take away dan kabarkan kepada tetangga dan posting di sosial media kamu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...