Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Wisata Pulau Kumayan dan Hal Uniknya


Tanjungbungo
- Assalamu'alaikum, balik lagi dengan seputaran pernak-pernik Bengkulu kali ini kita akan membahas tempat wisata lagi. Wisata di kota Bengkulu memang banyak, contohnya baru-baru ini viral disosmed wisata Pulau Kumayan. Sudah ada yang tahu..? 

Pulau Kumayan diambil dari nama tumbuhan yakni salah satu jenis bambu, konon dahulunya tempat ini adalah hutan bambu namun sekarang sudah berubah menjadi objek wisata baru yang sangat indah. Luasnya mencapai 15 Hektare dengan medan rawa yang menarik sebagai wisata alam bernuansa Mangroove, benar tumbuhan mangroovelah yang menjadi daya tarik utamanya.

Bagaimana Cara ke Tempat Ini

Sebelum membahas hal unik yang ada di wisata alam Bengkulu yang satu ini, ada baiknya kita membahas bagaimana jika ingin berwisata ria ke Pulau Kumayan ini. Terletak di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau hanya 10 menit dari rumah pengasingan Bung Karno. Posisi pastinya berjarak 1KM dari kantor camat Sungai Serut, berbatasan dengan Bengkulu Tengah atau orang-orang mengenalnya dengan simpang Nakau.

Setelah sampai kelokasi kita diharuskan membayar retribusi masuk, karena memang tempat ini sudah dikeloa. Dengan uang Rp. 5.000,00-(lima ribu rupiah) kita sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada ditempat ini. Parkir kendaraan pun sudah menggunakan sistem labeling jadi tidak perlu khawatir tentang keselamatan dan keamanan.


Sesuai dengan judulnya maka kita akan bahas masalah hal unik apa saja yang dapat kita temui di taman wisata mangroove pulau kumayan ini. Lets Check This Out..
 

1. Tracking diatas Rawa dikelilingi Hutang Mangroove 

Menarik bukan..? diatas rawa sudah dibangun tempat berjalan berbahan dasar kayu yang disusun sedemikian rupa hingga menghasilkan tempat berfoto yang ciamik. Diantara tracking ini terdapat beberapa bagian yang mempunyai ketinggian 5 meter, kita bisa dengan leluasa melihat hutan mangroove dari ketinggian yang pastinya hijau dan sejuk. Tunggu apalagi ajak keluarga dan kabarkan ke tetangga anda..
 

2. Bersantai di rumah pohon

Setidaknya ada tiga rumah pohon yang bisa menjadi tempat bersantai. Bentuk ketiganya berbeda-beda dan sangat unik bagus untuk mengisi feed sosial media kamu. Pertama. berbentuk pondokan terlihat kokoh bisa digunakan untuk makan siang dengan anggota 3-4 orang dewasa. Kedua, berbahan dasar ranting kayu yang dibentuk seperti sangkar burung dialam bebas setidaknya bisa ditempati 2 orang saja. Ketiga, membentuk kerucut dengan bahan bangunan bambu dan mampu menampung 2 orang saja.

3. Macan Cisewu

Patung " macan lucu Cisewu " ada ditempat ini. Alih-alih takut, patung yang sempat viral disosial media beberapa tahun lalu yakni muka harimau lucu menjadi salah satu hal unik hadir di wisata pulau kumayan kota Bengkulu. Jangan lupa berfoto dengan maung ini ya biar beda dengan orang lain.. he..he..he

4. Bermain Catur

Ini adalah pengalaman pribadi yang bisa dibilang unik. Jika beruntung, kalian bisa menemukan permainan catur yang siap dimainkan. Catur itu dibawa oleh pengelolah dan bisa bermain bersama sang pemilik loh.. 

5. Wahana Anak

Ayunan, Jungkat-jangkit dan wahana bermain anak lainnya disediakan disini. Anak pun pasti ingin berlama-lama dan betah karena punya banyak pilihan hiburan. Namun harus tetap diperhatikan ya keselamatan sikecil karena tanah yang berada disekitar wahana anak masih licin. 

Jangan ragu untuk datang ketempat ini, karena sudah memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap seperti toilet, kantin. Sampai saat ini pembangunan terus dilakukan dengan banyak perubahan yang semakin mengedepankan kenyamanan pengunjung. Ada waktu ? kuy ke TKP...

Related : Wisata Pulau Kumayan dan Hal Uniknya

0 Komentar untuk "Wisata Pulau Kumayan dan Hal Uniknya"

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...