Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Antaran Penikahan Khas Seluma ( Utaran )

Proses membuat utaran.
Tanjungbungo - Salah satu syarat untuk melakukan resepsi pernikahan adalah antaran untuk sang mempelai wanita. Banyak macam antaran seperti, Roti Buaya, Buah-buahan dan lain sebagainya. Di Seluma punya syarat khusus untuk pria yang diberi nama Utaran. Apa itu utaran? Utaran adalah salah satu hal wajib yang disediakan untuk  antaran yang terbuat dari Buah pinang yang masih muda, Daun Sirih, Rampaian Rokok Nipa, dan Pelengkap lainya.

Membuatnya pun tidak sembarang orang bisa, dibutuhkan keterampilan yang cukup telaten dan biasanya para pemuda membantu membuat utaran ini untuk calon pengantin pria sebagai antaran ini.

Cara membuatnya mula-mula daun sirih digulung lalu disatukan menjadu bentuk bangunan kerucut dengan benang yang mengikatnya. Setelah itu, potong sisi tangkai dari daun agar bisa berdiri di atas piring kecil nantinya.
Merangkai perlengkapan utaran
Sementara itu, Satukan beberapa rokok nipa dengan jarum dan benang menyerupai pelupuh ini dimaksudkan untuk membungkus kerucut dari daun sirih. Setelah kesemuanya telah disatukan barulah di bungkus dengan kain/ selempang dengan mengikuti pola yang sudah ada. Ikat menggunakan benang sebanyak tiga bagian usahakan kain tidak ada yang lusuh kebawah. Usahakan juga kedua kain berbeda warnanya agar terlihat menarik.
Utaran sebelum dibungkus

Semakin rapi dan bagus utaran menandakan keseriusan seseorang yang akan meminang sang pengantin perempuannya.





Related : Antaran Penikahan Khas Seluma ( Utaran )

30 Komentar untuk "Antaran Penikahan Khas Seluma ( Utaran )"

Kirain tadi film India Ang heheee...Utaran, sama seperti dengan salah satu judul film India di TV

Unik ya bang utarannya. Selain itu apakah sama dengan antaran biasa?

Sepertinya memang membutuhkan para ahli untuk membuat utaran ini. Apalagi kalau bentuk dan penampilan utaran biasa dijadikan tanda keseriusan pelamar.

Unik ya.. Aku baru tahu loh. Jadi kak aang udh siap nih antarannya? Haha

Wah baru tau loh aku Ang. Cakep nih infonya, bisa jadi bahan filler di radio. Aku izin pakai ya Ang. Dijadiin filler dengan modifikasi hehe :D

Nah itu dia mbak, kalo ini sdah dari dulu..

Sama aj fir, untuk iring-iringan juga..

Pastinya dong, kita jgan sampai melupakan adat ini minimal tahu bahwa di Bengkulu ada utaran

Insya allah kalo sudah sampe jodohnya

Boleh dong, iya ini benda jarang org yang tau..

Wih... yang kayak gini harus dilestarikan ya kak biar gak punah. kalo di kota udah jarang ada nih
Semoga Aang nikah tahun ini... amiiin

Pasti penggemar film india juga mbak nya...

Harus itu, semoga semua kita di pertemukan dengan jodohnya secepatnya aamiin

Pernah tinggal di seluma, tapi nggak tau adat ini.. hhihiii

Kalau utaran nya ngga rapi, berarti di anggap nggak serius ya? Padahal bikin nya kan susah kak..

nah itu dia memang ini di pakai sebagian adat saja

Ia kalo zaman dahulu, tapi sekarang mulai di maklumi...

Aku tertipu.. Awalnya mengira itu film india yang diputar di tv hehe

Harus rapi ya. Kalo ngga bisa rapi gimana dong?

biasa calon emak-emak jadi inget film india

kalo masih kental adatnya disuruh perbaiki lagi palingan

Jadi nanti nikahnya mau kayak ya kak

Itu anak-anak juga pasti senang main di dusun acara nikah kan bisa berhari2

Iyap,, kebudayaan khas Bengkulu yang saya baru denger. ada beberapa hal yang mau saya tanya, Utaran ini diserahkan pas prosesi yang mana?, apakah dari acara tunangan atau acara adat atau akad?. Trus, Rokok Nipa atau Rokok Nipah?.

Tergantung dapat orang mana mbak hehe

Pastinya ia karena dapat banyak makanan juga..

Untuk utaran sendiri di ikut sertakan saat akad, kalo nipah atau nipa yang mana yang baku aja hhee

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...