});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Pulau Tikus

Photo : Sebuah pulau kecil yang eksotis.

Tanjungbungo(11/03) - Jika Jakarta mempunyai kepulauan Seribu, maka Bengkulu punya Pulau Tikus yang luasnya hanya 100 meter persegi namun memiliki keunikan tersendiri. Sesuai dengan namanya pulau Tikus adalah pulau kecil terluar yang ada di Provinsi Bengkulu terletak di sebelah Barat kota Bengkulu. Menjadi salah satu tempat Snorkling dan Diving andalan di Kota Bengkulu, disamping dengan keindahan pantai dan Pasir Putihnya. Terdapat mercusuar yang masih aktif digunakan sebagai tanda bagi nelayan jika ingin menginap dipulau tikus saat terjadi badai.

Hanya dengan waktu 30 menit saja kita sudah sampai dipulau ini dengan menggunakan kapal sewaan yang memang sudah banyak tersedia di pinggiran pantai sepanjang jalan Pariwisata Kota Bengkulu,  kita tinggal Reservasi dengan kisaran harga Rp.100.000, - Rp.150.000,- itupun sudah termasuk biaya pulang dan pergi. Setelah sampai di sana kita langsung disuguhi pantai yang alami, bersih, dan menyejukan. Ada Tiga kelebihan yang menonjol dari pulau Tikus ini.

Bagaikan Pulau Pribadi 
Seolah pulau ini adalah kita sebagai pengunjung yang mempunyainya, Pasalnya masih sangat alami dan jauh dari kebisingan yang ada hanya deburan ombak dan bunyi lambaian pepohonan yang tertiup angin laut, menambah kedamaian saat berada di pulau ini. Baiknya kita membawa perlengkapan memasak seperti, Kompor Piknik, Bumbu , Minuman yang dibutuhkan Karena memang disini tidak ada yang menjual.


Taman Laut yang Bagus untuk Snorkling
Kalau ke-pulau Tikus hal yang wajib dilakukan adalah melihat alam bawah laut, banyak ikan yang berwarna - warni akan berenang bersama anda. Berstektur karang tempat ikan berbagai macam jenis tinggal. Ombaknya pun tidak terlalu ganas dan sangat cocok untuk menyelam ataupun hanya sekedar mandi di pinggiran pantai. Jika beruntung kita dapat menjumpai Penyu yang singgah di pulau ini untuk bertelur.

Mercusuar Sebagai Spot Pemandangan Terbaik
Memang perlu keberanian untuk memanjat mercusuar pulau tikus ini dan cukup berisiko, namun sensasi yang ditawarkan setelah mencapai puncak adalah kita dapat melihat semua pemandangan seluruh pulau dan juga Kota Bengkulu dari kejauhan. Namun jika anda takut ketinggian anda mungkin dapat melihat keindahan pulau ini dengan memanfaatkan teknologi yakni menggunakan Drone.

Nah itulah gambaran singkat tentang pulau Tikus, namun untuk lebih jelasnya langsung datang ke Provinsi Bengkulu dan sama - sama kita sukseskan Wonderful Bengkulu 2020. (ang)

Related : Pulau Tikus

2 Komentar untuk "Pulau Tikus"

Kapanlah yah ke sini, aku belum sempat2 ke sini. Habis belum diizinin dg ibu. Tapi paling tidak lewat tulisan sudah terbayang indahnya :)

iya nanti kita ajak teman - teman Bobe jalan ke sana. .

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...