Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Friday 24 March 2017

Benteng York

Photo : Cagar Budaya Benteng York.

Tanjungbungo(24/03)- Belum banyak yang tahu bahwa sebelum adanya Benteng Marlborough yang berdiri kokoh sekarang ada satu Benteng yang sudah berdiri lebih dahulu yakni Benteng York. Berlokasi di Kelurahan Pasar Bengkulu, Sungai Serut, Bengkulu atau lebih tepatnya dihilir sungai Bengkulu berdekatan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Pasar Bengkulu. Benteng York merupakan suatu tempat penyimpanan suplai rempah - rempah bangsa Inggris untuk pertama kalinya. Didirikan sekitar tahun 1685, namun dalam perkembanganya benteng ini ditinggalkan karena berbagai hal seperti, Bencana alam, tergerus sungai karena lokasi yang berdekatan  serta alasan penyakit yang menyerang tentara yakni malaria dan kolera.
Photo : Bagian yang masih tersisa.

Konon kabarnya banyak harta peninggalan zaman penjajahan yang ditemukan di benteng ini. Namun ada satu masa dimana sekumpulan orang asing mengekplor lokasi ini dan menemukan banyak harta dan perlengkapan peninggalan Inggris. Sayangnya masyarakat disekitar tidak berani karena alasan angker, seharusnya situs sejarah ini di ekplor dan dilestarikan serta dijaga namun kenyataanya sekarang sudah tidak terurus, bahkan saat di pasang cagar budaya pun situs ini juga belum dikelolah lagi.

Masih banyak bekas puing - puing benteng York yang harusnya dirawat dan digali untuk keperluan sejarahwan sekaligus bisa dijadikan wisata sejarah dan mendapatkan situs sejarah tertua yang berupa benteng. Nah dengan itu Bengkulu akan lebih kaya lagi dengan sejarah khususnya benteng. Ayo kunjungi wisata sejarah ini jika berada di Bengkulu. (ang)


10 comments:

  1. Sayang banget ya bentengnya tidak terawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, harus di ekplor lagi dan dipromosikan . .

      Delete
  2. Di Tempat saya ada juga benteng2 bersejarah yg dikelola oleh pemda setempat, jadi bisa sekaligus sebagai daya tarik wisatawan.

    ReplyDelete
  3. Wah tempatnya jadi menyeramkan ya mas, banyak pepohonan rindang dan bangunannya juga sudah kusam dan tidak terawat. Sayang sekali, padahal kalau direhab mungkin bisa menarik masyarakat untuk berkunjung kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di manfaatkan wisata sejarah . . Visit Bengkulu2020

      Delete
  4. Waw seru ni main di tempat sejarah kek gini, tapi serem gak ya tempatnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak serem dkit gk aplah,yg penting rasa penasaranya hilang . .

      Delete
  5. Nggak terawat banget ya MAs. Andai terawat bisa jadi tujuan wisata i tuh.. namanya aja unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main lah siapa tau nemu harta karun . . Hehhe

      Delete

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...