Pendidikan Ritel Alfamart Class Tingkatkan Kompetensi Lulusan SMK Bengkulu

Penandatanganan kerja sama program Alfamart Class.

Kali ini PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk hadir dengan bukti ikut mencerdaskan kehidupan bangsa datang ke Provinsi Bengkulu, dengan maksud membuat Alfamart Class di salah satu SMK unggulan Bengkulu yakni SMKN 1 KOTA BENGKULU. Sebagai perusahaan yang hadir di tengah masyarakat, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menjalankan program tanggung jawab sosial berkelanjutan, salah satunya melalui program pendidikan ritel bagi siswa SMK, Alfamart Class.

Melalui program tersebut, Alfamart bekerja sama dengan SMK yang memiliki jurusan bisnis atau manajemen pemasaran. Perusahaan melakukan sinkronisasi kurikulum pendidikan ritel, memberikan pelatihan kepada tenaga pengajar dan siswa. Selain itu, perusahaan juga menghibahkan Laboratorium Ritel sebagai media praktik belajar siswa di sekolah.

“Program yang telah berjalan sejak 2011 ini, diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil, dan siap bekerja di lingkungan perusahaan. Khususnya di industri ritel, dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki,” ujar Corporate Affair Director Alfamart, Solihin.

Solihin menambahkan, Alfamart Class merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan industri ritel melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran yang komprehensif. 

“Kebutuhan tenaga kerja di industri ritel terbilang besar. Setiap tahunnya, tim operasional Alfamart banyak menerima lulusan dari jenjang pendidikan SMA/SMK,” papar Solihin.

Oleh karena itu, sambungnya, program ini bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak. “Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga mendapat tenaga kerja yang kompeten dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya. 

Menurut Solihin, lulusan SMK yang mengikuti program Alfamart Class dapat langsung bekerja di Alfamart. Selain itu, berbekal pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, lulusan Alfamart Class juga bisa membuka usaha ritel secara mandiri.

“Kami membekali siswa dengan berbagai kompetensi seperti pengetahuan produk, transaksi dan administrasi penjualan, persediaan produk, prosedur kerja, kerja sama tim, hingga pelayanan pelanggan,” terangnya.

Saat ini, program pendidikan ritel Alfamart Class telah diimplementasikan di 189 SMK yang tersebar di Indonesia, ini yang pertama di Bengkulu. Sampai akhir 2017, perusahaan menargetkan ada kerjasama dengan 46 SMK di Tanah Air.

Plt Gubernur berbelanja di Lab Retail Alfamart SMKN 1 Kota Bengkulu.

Hadir juga Plt Gubernur Bengkulu Bapak Ir. Rohidin Mersyah dalam launching Lab Retail Alfamart yang berlokasi di jalan Jati No. 41 Sawah Lebar Kota Bengkulu. Tak jauh berbeda dengan pak solihin, beliau sangat mendorong kemajuan yang dapat menjadikan lulusan SMK dapat menjadi wirausaha yang tak hanya menjadi pekerja apabila sudah selesai mengenyam pendidikan, namun dapat menjadi pemenang dalam usaha mandiri dengan menitip beratkan pada marketing yang bagus.

Related : Pendidikan Ritel Alfamart Class Tingkatkan Kompetensi Lulusan SMK Bengkulu

29 Komentar untuk "Pendidikan Ritel Alfamart Class Tingkatkan Kompetensi Lulusan SMK Bengkulu"

wah, mantap Bengkulu, semoga banyak perusahaan ritel yang lain juga mengikuti jejak Alfamart, sehingga memberi wawasan kepada siswa-siswi SMK atau sederajat untuk memulai usaha.

Mantap ya Bengkulu, lulusan SMK selain ounya skill setelah lulus juga memiliki peluang kerja. Alfamart Class pasti jadi sarana yang berguna banget

Wah keren banget kak semoga setelah siswa dan siswi lulus SMK bisa memulai usaha sesuai dengan minat masing - masing

bagus programnya untuk anak smk, jadi bukan cuma paham jadi kasir tapi juga ngerti marketing dan manajemennya

Diharapkan kedepannya banyak lagi perusahaan yang bergerak di bidang kejurusan yang membuat kelas-kelas yang menambah kompetensi siswa..

Pastinya mbak tinggal konsistensi dan kemauan pelajar yang harus di kuatkan lagi..

Betul zah, karena dengan minat itulah para pelajar dapat mengembangkan diri mereka

Memang Bagus, tujuannya pun ingin mencetak lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing

Berarti sekarang lulusan SMK bisa langsung bekerja di Alfamart dan membuka ritel sendiri ya. Program bagus nih, jadi bisa langsung mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan.

Wah... bagus sekali program ini, Alfamart turut andil dalam mencerdaskan bangsa... keren ^^

wahhh keren bener ini, wajibb di contoh oleh perusahaan2 ritel lainnya. selain bermanfaat untuk siswa juga untuk perusahaan itu sendiri pastinya,,,

Semoga lancar dan dapat diikuti oleh SMK2 lainnya. Mantap ini

agak gimana gitu ang baca nih tulisan tadi, akhirnya anak-anak SMK bisa belajar langsung dengan yang sudah pengalaman. mantablah itu

Iyah, keren nih. Pengethuan retail emng perlu di ajarkan di sekolah menengah kejuruan.

Bisa menjadi contoh utuk perusahan2 lainya

Wah keren nih utk melatih keterampilan siswa" dgn praktik yg nyata

Ia, harapan nya lebih banyak lagi program seperti ini

Program yang bagus kan ya mbak...

Semua perusahaan harusnya begitu ya mbak

Aamiin, kita do'akan saja secepatnya SMK lainnya nyusul

Ia betul sekali,biar penganguran juga berkurang

Kompetensi siswa pastinya di tambah lagi

Program Alfamart seperti ini baguslah buat anak2 SMK. Semoga lulusan Alfamart class mampu mandiri dengan membuka usaha ritel.

Bagus nih programnya. Mereka butuh tenaga kerja taoi juga berusaha untuk memfasilitasi.

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...