Aksara KA GA NGA

Sumber : Wikipedia.
Bangga adalah kata yang cocok di gambarkan dalam mengepresikan budaya yang ada di Indonesia, karena memang banyak hal yang unik di Nusantara ini. Sebuah tulisan yang memiliki simbol pada setiap rangkaian dan makna yang menimbulkan pemahaman umat manusia yang di sebut dengan aksara. Aksara di Bengkulu ini adalah aksara yang diakui sebagai bagian aksara tertua di Indonesia. Bahasa sendiri ini merupakan identitas dari suku rejang yang berpusat pada kota Curup, ini dibuktikan dengan banyak nama-nama jalan di pakai dengan huruf Ka Ga Nga. Baiknya kita mengenal dan sepatutnya berbangga dengan warisan leluhur ini.

Aksara khas Bengkulu tepatnya suku Rejang ini memiliki 28 huruf, disebut Ka Ga Nga karena simbol yang memulai adalah ketiga huruf itu, layaknya ABC pada alphabet. Banyak pula kemiripan dengan aksara jambi, lampung, rencong , dan lain nya yang merupakan satu rumpun Aksara. Dahulunya para nenek moyang menuliskan aksara pada daun-daun dan bambu di zaman kerajaan Majapahit kala itu.

Untuk belajar Aksara ini sekarang cukup mudah, sudah banyak tersedia buku yang berkonten simbol-simbol KA GA NGA di perpustakaan di Bengkulu, bahkan terkadang ada di adakan lomba dalam menulis aksara ini. Lebih mudah lagi aplikasi yang mempunyai huruf-huruf ini sudah tersedia. 

Ayo kenali kebudayaan kita dengan ikut menjaga minimal mengenal ada satu aksara yang sudah di akui dan baiknya di pelajari. (ang)



Related : Aksara KA GA NGA

18 Komentar untuk "Aksara KA GA NGA"

kalo saya dulu pas sd pernah belajar huruf dan bahasa jawa, bikin sirahku musmet, sekarang gak ingat lagi cara nnulisnya, cuma melafaskan urutan hurufnya masih hapal hehee

Salah satu anak bangsa ini, tpi sekarang agak berkurang

kabarnya ada kelas untuk belajar aksara ini lo bro?

keren kak,, ternyata bengkulu juga punya ciri khas bahasa sendiri. harus dilestarikan sebelum punah kak..

Ia, kita pemuda inilah yang wajib mempelajarinya

Kok kayaknya lebih sulit dari bahasa Korea 😂

Nah itu, tapi kalo bisa pasti bangga

Masuk pelajaran waktu sma nih kak. Tapi sekarang udah lupa semua XP

Nah boleh ajarkan atu diulang lagi tu

Kalau di Jawa, Aksara Jawa gitu ya. Dan saya nggak hafal, trus mulai anak-anak sekolah pusing ngajarinya. Paling buka buku, baca-baca lagi.

Hhe, ia tpi klo kita bisa akan lebih baik

Baru tau Bengkulu pun punya aksara.
Selama ini aku taunya aksara Jawa dan Bali aja mas hehe.
TFS informasinya :D

Ia kaya sekali indonesia kita ini

Mirip hanacaraka di Jawa ya mas. Dulu waktu SD saya termasuk jago baca tulis huruf Jawa ini, tapi sekarang lupa sama sekali karena nggak pernah dipakai lagi. Bahkan ketika anak saya minta diajari saya udah nyerah :)

Ternyata di Bengkulu ada juga, ayo orang Bengkulu harus bisa, hehe..

wah makin pusing pas belajar nulisnya wkwkkw

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...