Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Thursday 30 March 2017

Lagu permainan daerah Bengkulu

Photo : Permainan tradisional.
Tanjungbungo (30/03) - Setiap daerah punya banyak lagu permainan yang jika diingat akan membuat kita terkenang dengan masa dimana kita sering berinteraksi dengan teman sejabat melalui permainan tradisional, bukan seperti saat ini yang banyak menjadikan gadget sebagai gantinya. Ada beberapa macam lagu permainan yang biasa di mainkan ataupun di dendangkan oleh anak - anak dulu dan bisa menjadi referensi buat anak sekarang agar bisa menikmati permainan tradisional.

1. Tim - timan ( main kejar - kejaran).
Sebelum melakukan permainan ini dipilih satu orang yang akan mengejar. Nah, cara memilihnya dengan menggunakan lagu bukan menggunakan suit, hompila , ataupun gunting kertas batu. Perhatikan lagu berikut :

" Tim - timan manurak mano roti, teputing telayang caduakaw caduak udang sembarang macet  ".

Dinyanyikan sambil menunjuk semua anggota yang ikut di dalam permainan. Saat berhenti pada kata " macet " orang itulah yang akan mengejar atau yang menjadi penjaga.

2. Nyanyian Pantun
Sejatinya nyanyian ini digunakan untuk mengolok - olok teman saat disela bermain apapun itu. Perhatikan bait berikut :

" Budi sama Budi duduk pucuak ghranting, tapau kendak Budi njujuah buntut kucing ".

Biasanya setiap daerah di Bengkulu punya bahasa yang berbeda namun nyanyian pantun ini hampir ada di setiap daerah di Bengkulu. Nama orang yang ingin dijadikan olokan bisa digantikan serta tempat duduknya bisa dikreasikan sendiri seperti batu runcing, layaknya sebuah pantun yang bersajak Ab - Ab.

3. Nyanyian Cangcuit
Digunakan untuk menghibur balita oleh orang yang mengasuhnya.

" Cang cangcuit, cang cuit minjam lading,, batak pdio guno lading? Ndak nyughit anak bulan.. Batak pdio anak bulan? Batak mainan ( namo anak). Cang cang cuit terbanglah tinggi - tinggi "

Kalo yang ini versi Seluma, beda Daerah berbeda pula Bahasanya.

*lading = pisau dapur 
*batak pdio= untuk apa 
*nyughit = mengambil sesuatu dengan menggunakan alat bantu seperti bambu, kayu, dsb 
* cang cuit = mainan,, jungkat jungkit, biasanya ada di TK atau paud. Namun karena permainan ini dilakukan dirumah dan untuk menghibur anak2 maka masyarakat menggunakan kaki dan anak naik diatas kaki kemudian dengan gerakan naik turun menyerupai mainan jungkat jungkit.

Itu hanya sedikit saja referensi lagu yang digunakan saat bermain di Bengkulu, untuk tambahan dan kritik bisa komen di kolom komentar. (ang)

4 comments:

  1. BAru sekali ini aku tahu lagu2 Bengkulu. Sama sekali belum pernah denger nyanyiannya Mas.
    Betapa banyak ragam budaya ya Indonesia ini

    ReplyDelete
  2. luar biasa, semoga dengan adanya artikel dari tanjungbungo.com ini bisa membuat kesenian tradisional bisa diminati lagi oleh masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih sepenggal.info kita harus jaga kelestariannya

      Delete

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...