});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

3 Resep Menu Sahur Sederhana


Bulan suci Ramadhan akhirnya tiba. Banyak umat muslim yang merayakannya dengan penuh suka cita. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang sangat dinantikan setiap tahunnya. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika bulan Ramadhan tiba, mulai dari mempersiapkan menu sahur dan berbuka, tarawih hingga tadarus.

Karena sahur adalah momen yang istimewa, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa menu sahur yang juga istimewa. Bila Anda sudah mulai bingung akan memasak apa untuk menu sahur malam ini, maka Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah resep menu sahur sederhana yang bisa Anda coba kali ini:

1.   Resep Menu Telur Dadar Gulung Saus Asam Manis


Menu pertama adalah telur dadar gulung saus asam manis. Masakan ini sangat simple tetapi bisa terasa super lezat. Bahan yang Anda butuhkan untuk menu ini adalah 5 butir telur, 2 sendok makan tepung terigu, 70 cc air, garam dan penyedap rasa secukupnya, dan setengah batang wortel yang dipotong dadu.
Telur Dadar by Klause Nielsen

Untuk sausnya, Anda bisa mencoba menggunakan saus resep sendiri atau saus instan. Apabila ingin membuat saus sendiri, Anda bisa menyiapkan 2 sendok makan kacang polong, 5 cm jahe dipotong dan dibakar, 3 sendok makan saus tomat, setengah sendok makan kecap manis, 1 sendok makan tepung maizena, 200 cc air, 1 butir jeruk kunci dan penyedap rasa secukupnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampukan terigu bersamaan dengan air, penyedap rasa dan garam. Aduk rata lalu tambahkan wortel dipotong dadu dan telur. Kocok lepas semua bahan. Selanjutnya, panaskan teflon menggunakan api sedang dan buat telur gulung dengan adonan yang sudah dibuat. Angkat dan sisihkan.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan semua bahan saus kecuali larutan maizena di atas teflon. Biarkan saus mendidih dan masukkan maizena. Terakhir, tuangkan saus diatas telur gulung. Menu sahur pertama sudah jadi.


Baca Juga : Kue Cucur Asli Bengkulu


2. Resep Menu Cah Tauge


Resep berikutnya adalah menu cah tauge. Bahan yang Anda butuhkan adalah tauge secukupnya, 1 buah tahu putih yang dipotong dadu, 1 daun bawang yang dipotong serong, 10 cabai rawit merah, 4 cabai merah keriting, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sendok makan saori saus tiram, garam, merica, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya.
Foto by mingche lee


Langkah memasaknya sangat mudah. Pertama, tumis bumbu yang sudah dicincang sampai berbau harum. Jika sudah, tambahkan saori saus tiram dan air sebanyak 20 ml. Selanjutnya, masukkan tauge, tahu dan daun bawang ke dalam teflon. Tambahkan bumbu penyedap seperti kaldu bubuk, garam, gula dan merica secukupnya. Aduk masakan hingga merata dan matang. Disarankan untuk memasak menggunakan api kecil. Lakukan koreksi rasa, apabila sudah sesuai bisa disajikan.

3. Resep Menu Orak Arik Telur Tahu


Punya telur dan tahu? Anda bisa mengolahnya menjadi menu orak arik telur tahu. Bahan yang dibutuhkan adalah 2 butir telur yang dikocok lepas, 50 gram tahu yang sudah dihancurkan, 1 daun bawang dicincang kasar, minyak goreng secukupnya, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, dan penyedap rasa secukupnya.

Untuk membuatnya, pertama tumis terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih. Jika sudah berbau harum, Anda bisa menumis telur hingga matang. Tambahkan tahu dan bumbu sesuai selera. Masak hingga harum dan matang.

Itu dia 3 resep menu sahur yang bisa Anda coba. Selamat memasak.






Related : 3 Resep Menu Sahur Sederhana

0 Komentar untuk "3 Resep Menu Sahur Sederhana"

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...