});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Cara Pertahankan Durabilitas Tubuh Ketika Tua


Tanjungbungo
- Apa itu pengapuran pada sendi ? dalam bahasa medis sering disebut dengan Osteoarthritis, merupakan penyakit yang umumnya dialami diusia lanjut. Dampaknya adalah peradangan di sekitar tulang rawan sendi yang menyebabkan keausan pada sendi-sendi. Kita juga mengenal istilah Osteoporosis, ini juga penyakit tulang yang sering dialami oleh orang disekeliling kita yang disebabkan banyak faktor yang mempengarui seperti jenis kelamin, pekerjaan, obesitas, cedera, kelainan tulang dan memiliki riwayat penyakit.

Sebelum semua penyakit itu menghinggapi tubuh kita, kami telah merangkum beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh kita tetap berfungsi dengan baik. Ngulikyuk akan membahas lebih spesifik lagi yakni pencegahan penyakit tulang.

1. Aktif  Bergerak

Mulai dari sekarang mulailah aktif bergerak. Pemanasan dipagi hari sangatlah membantu pencegahan penyakit yang akan tumbuh dikemudian hari. Stretching selama 15 menit setiap harinya akan melenturkan tulang-tulang kita dan secara otomatis akan membuat tulang terlatih dengan gerakan. Terlalu banyak duduk akan mengakibatkan keluesan badan terutama tulang akan berkurang.

Di era yang sangat dimudahkan ini membuat orang menjadi malas beraktifitas. Bahkan terlalu dimanjakan dengan teknologi, sebagai contoh menghidupkan lampu, ac, televisi bisa dikontrol hanya menggunakan smartphone. Walaupun teknologi sudah berkembang dan semakin canggih, tidak ada salahnya bergerak aktif untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

 2.  Minum Air Putih dan Kosumsi Makanan Bergizi

Kita semua setuju bahwa 90 persen tubuh manusia tersusun oleh air. Bagaimana kualitas air yang kita minum, akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tubuh akan memproses air tersebut sebagai penangkal penyakit yang akan masuk ke tubuh kita. 

Kosumsi makanan bergizi, tidak bisa dikompromi lagi bahwa makanan yang bergizi sangat diperlukan bahkan bisa menjadi salah satu obat apabila tubuh sedang drop. Makanan fast food atau pun Junk food atau gorengan yang sangat banyak mengandung minyak akan berpengaruh pada kualitas kesehatan kita.

Seperti dilansir dari situs Honestdocs.id, makanan yang dapat menjaga kesehatan tulang dapat dikelompokan sebagai berikut sayuran berdaun hijau, tahu, minuman kedelai dengan tambahan kalsium, kacang-kacangan, dan sarden.

3. Berpuasa Secara Rutin

Jika orang melakukan diet, ini bukan hanya sekedar diet biasa melainkan menahan segala jenis hawa nafsu. Obat yang paling baik apabila punya penyakit yang menahun ialah dengan rutin berpuasa. Dengan berpuasa zat-zat dalam tubuh akan menjadi netral. Sangat dianjurkan untuk kamu yang punya masalah berat badan, karena salah satu penyebab terjadinya pengeroposan tulang disebabkan oleh obesitas.

Terkadang tulang tak mampu lagi menopang beban yang terlampau dan akan berakibat buruk pada kesehatan. 

4. Kenali Kebutuhan Kalsium Sendiri

Setiap orang berbeda-beda kebutuhannya, orang dewasa dan anak-anak misalnya. Ada beberapa faktor yang membedakan hal ini diantaranya : Usia, Gender, Ibu hamil dan menyusui. Mari kita lihat seberapa besar kebutuhan masing-masing.

Nah terkhusus untuk dewasa 19-50 tahun memerlukan 1000mg kalsium sedangkan 51 tahun keatas akan memerlukan 1200mg. Setelah mengetahui kebutuhan kalsium tersebut maka berusahalah untuk memenuhinya.


Keempat tips diatas akan sangat berpengaruh pada kesehatan tulang kamu. Untuk melengkapinya kamu bisa mengkonsumsi Anlene Gold Plus. Dengan dosis 2 Gelas sehari secara rutin.

Anlene Gold Plus hadir sebagai pemenuh kebutuhan tak hanya kalsium bahkan lebih dari itu, dimana ia mengandung protein dan kolagen yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Usia lanjut biasanya kerap menderita penyakit gula. Dengan Anlene Gold Plus kamu bisa mengkonsumsi tanpa khawatir gula darah naik karena memang sudah diperhitungkan yakni tanpa tambahan gula.

Related : Cara Pertahankan Durabilitas Tubuh Ketika Tua

3 Komentar untuk "Cara Pertahankan Durabilitas Tubuh Ketika Tua "

Anlene bagus ya buat jaga2, apalagi pekerjaan lebih banyak mengharuskan lama untuk duduk sehingga jarang gerak atau jalan, tapi emang tetap harus bergerak aktif di waktu luang

Wah penting ini, pasti pada pengen ya kan pas udah tua tapi durabilitas tubuh masih oke. Masih bisa beraktivitas fisik dengan enak. Thankyou tipsnya Aang :))

Saya sepakat bahwa memang kebutuhan kalsium diusia yang semakin bertambah itu penting. Oleh karenanya asupan kebutuhan kalsium juga harus terpenuhi. Kalau ga ya tulang bisa keropos.

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...