});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Mengapa Harus Pedulikan Celemek Anak


Tanjungbungo - memiliki buah hati adalah dambaan setiap orang yang ada didunia ini. Terutama kaum ibu, pasalnya ialah yang senantiasa mengurus segala kebutuhan dan hampir 24 jam bersama si kecil. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Salah satunya urusan memberi makan pada anak agar tidak berantakan, hal ini merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah terutama untuk ibu muda. Sebagai contoh ia harus memperhatikan kebersihan celemek anak saat digunakan.

 

Melihat anak makan dengan lahap tentunya menjadi pemandangan yang sangat menggembirakan bagi orang tua. Namun, jangan lupa dengan kebersihan setiap peralatan makan karena ini bisa berakibat buruk pada pencernaannya yang sensitif terhadap kuman dan bakteri. Berbeda dengan orang dewasa yang sudah memiliki imun tubuh. Sisa makanan yang menempel pada baju akan membuat sang anak merasa risih dan rewel, maka dari itu diperlukan menggunakan celemek agar tidak terjadi hal demikian.

Tips apa saja yang harus diketahui oleh ibu seputaran celemek anak ?


Pertama, pilihlah bahan celemek yang berkualitas. Berkualitas adalah celemek yang membuat anak nyaman dalam menggunakannya. Cobalah pilih celemek yang berbahan dasar katun atau bahan sejenis dan memiliki corak warna yang cerah. Jangan memilih bahan dasar yang membuat kulit anak bisa iritasi. Hindari pula celemek yang banyak ornamen, karena anak sewaktu-waktu dapat meraih dan memakannya. Hal terburuk jika kita salah pilih bentuk dan tipe yang tidak disukai anak adalah tidak terpakai dan terkesan mubazir atau sia-sia dan harus membeli lagi.

Kedua, perhatikan kebersihan celemek anak. Karena anak masih belum memiliki kekebalan tubuh yang kuat, kita harus memastikan  kebutuhan balita bersih dari sisa kotoran bekas makan sebelumnya. Sebaiknya cuci celemek secara langsung usai digunakan, jangan menunggu lagi karena dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri dalam celemek tersebut. Baiknya, setiap kali makan maka celemek yang digunakan pun harus berbeda pula. Hindari menyatukan pakaian kotor kita dengan pakaian kotor anak agar tidak terjadi kontaminasi. Usahakan sebelum mencuci, rendam celemek si kecil menggunakan air panas agar kotoran yang cukup bandel dapat terangakat.

Ketiga, Perhatikan ukuran celemek. Ini juga penting, jangan sampai membeli ukuran yang kecil atau malah kebesaran dan tak terpakai. Sebaiknya saat membeli celemek bawa anak secara langsung untuk mengepaskan ukuran badan si kecil. Dengan begitu resiko kekecilan maupun sebaliknya tidak akan terjadi. Anak akan senang jika dilibatkan dalam menetukan pilihan untuknya dan merasa diberi suatu kebebasan.

Keempat, pahami berbagai fungsi celemek. Ternyata celemek merupakan benda yang serbaguna loh bund, ayo kita cek. Celemek dapat menjadi pengganti tisu untuk mengelap sisa makanan mulut anak. Selain itu, berfungsi sebagai pelindung baju dari kotoran noda saat makan. Celemek yang menarik bisa juga menambah nafsu anak dalam proses makan karena ia merasa senang dan terhibur dengan itu.

Nah itulah tips seputaran celemek yang perlu diketahui oleh semua. Semoga dapat menambah wawasan kita agar selalu menjaga si buah hati. Jangan kompromi soal kebutuhan anak, berikanlah hal yang paling baik untuk pertumbuhan yang sehat dan bisa menjadi penerus yang punya badan yang sehat serta jiwa yang kuat pula.


Tips ini sangat berguna untuk bunda yang merawat anak dalam fase peralihan makan dengan ibu dengan menyusui kepada susu formula seperti Dancow yang mendukung ANAK LEBIH SEHAT.

Related : Mengapa Harus Pedulikan Celemek Anak

11 Komentar untuk "Mengapa Harus Pedulikan Celemek Anak"

Bermanfaat banget nih, apalagi buat emak-emak yaa...

Wah baru tau kalo ternyata celemek anak seberguna itu ya Ang. Nanti kalo udah punya anak, bakal perhatiin sampe ke urusan celemek juga :))

iya kak, celemek anak disaat makan mesti diperhatikan, siapkan celemek anak senyaman mungkin ya...agar anak nyaman dan riang menggunakan celemek tersebut.

Informasi yang penting banget ni terutama buat saya kalau nanti anak udah MPASI. Thank you😊

Aku selama ini gak merhatiin sedetail itu sich tentang celemek. Tapi sekarang jadi nambah ilmu lagi nih.

Iya bner banget Nih Kak.. celemek it pntg bagi anak, aplg masa2 awal Mpasi. Memang hrs bnr2 terjaga kebersihannya agar anak sehat dan gak gampang sakit. Nice info Kak.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Apalagi berkaitan dengan anak. Menurut saya, semua perangkat yang digunakan oleh anak mesti diperhatikan kebersihannya. Biar anak tetap terjaga kesehatannya.

Wah ternyata celemek untuk anak itu fungsinya beragam ya, kalau aku sih lebih suka milik celemek yang desain dan motifnya yang unyu-unyu wkwk.

Wow, so important. Sorry for a long time i don't care about that. Thanks for your reminder

Fasenya Aisha ini makannya belepotan. Kalau gak pakai celemek, bubar bajunya kotor semua.

aku paling sering makein celemek kalo anak2 makan bubur. kak Aang semoga cepat dapat calon ibu anak2nya ya. biar ikutan pula nanti nentukan warna elemek anak. pasti seru. :)

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...