Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Melihat Dari Dekat Kebun Hidroponik, Ternyata Begini

Tanjungbungo - Berkebun menjadi sesuatu yang menyenangkan buat sebagian bahkan banyak orang, banyak cara berkebun yang mudah dilakukan meski lahan yang kita punyai terbatas. Salah satunya cara berkebun dengan menggunakan teknologi pertanian yang menjadikan air sebagai media tanamnya atau yang biasa disebut Hidroponik. Saya berkesempatan mengunjungi salah satu kebun Hidroponik milik salah seorang teman yang berada di Kelurahan Lempuing, Kota Bengkulu. Mau tahu keseruan yang didapat setelah berkunjung kesini ? Lets Read It ...

Sekitar pukul 14.00 kami tiba dikebun dan langsung disambut hangat oleh pemilik kebun yang memang backround pendidikannya adalah pertanian dan perkebunan disalah satu Universitas yang ada di Bengkulu. Banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan dan tentunya menambah wawasan dunia pertanian yang saya miliki mungkin berguna untuk kedepannya.

* Pengetahuan Tentang Hidroponik *

Hidroponik adalah metode tanam tanpa menggunakan tanah melainkan menggunakan Air dan Zat yang diperlukan oleh tumbuhan dengan dosis tertentu dan punya siklus air yang diatur sedemikian rupa. Namun tidak semuda hal yang dibayangkan, penanaman dengan media tersebut harus teliti dan tentunya telaten perawatannya. Di kebun ini sudah tertata degan rapi, mulai dari green house atau susunan rumah yang melindungi tumbuhan menggunakan bahan plastik yang telah disterilkan serta menggunakan jaring agar panas tidak secara serta-merta mengenai tanaman secara langsung. Setidaknya berikut ini adalah hal yang menjadi komposisi membangun media agar dapat dialiri air nantiya : Plat baja Panjang yang disusun rapi dan sejajar dan berlobang dengan diberi jarak, pot transparant khusus untuk pertanian hidroponik, Nutrisi yang diperlukan, kolam dengan pompa air untuk mengalirkan air ke tumbuhan, Paralon yang bertindak sebagai penyalur air yang dipompa.


Sama layaknya bercocok tanaman menggunakan tanah proses penanaman dimulai dari penyemaian bibit. Disini ada beberapa tanaman sayuran yang tersedia seperti Selada, Kangkung, Pakcoy, dan Bayam. Hebatnya tak hanya tanaman sayur hampir semua jenis tanaman dapat ditanam menggunakan hidroponik

Berbeda tanaman maka akan berbeda pula masa panen dan perawatannya misal sayur Pakcoy membutuhkan kurang lebih 1 bulan agar bisa langsung dipanen dan dipasarkan. Tanaman kangkung perawatannya terbilang cukup mudah dibandingkan dengan lainnya namun memang harga jualnya tidak terlalu tinggi. Kalu butuh tanaman Fresh maka tempat yang diberi nama Celebes Hidroponik ini pantas dijadikan tempat berbelanja sayuran.

* Di Celebes Hidroponik Bisa Apa ? *

Mengisi content Media Sosial , Tempat ini memiliki luas dua kali lapangan futsal. Di dalamnya terdapat banyak ragam tumbuhan hijau yang jika difoto dan anda ada diantaranya akan menimbulkan kesan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya dan tak biasa. Bahkan dengan membuat video pendek yang anda buat dikebun ini akan membuat orang lain bertanya dan ingin berkunjung ketempat ini. Keluarga pasti sangat senang jika dibawa ke tempat yang belum pernah dikunjungi seperti Kebun ini.

Membeli Sayur Yang Fresh from Garden , Tersedia berbagai varian yang dapat dibeli dengan packaging yang cantik dan hal terpenting adalah kesegarannya yang tidak diragukan lagi. Memetik sayuran sendiri juga dapat dilakukan ditempat ini, namun harus dengan petunjuk pemilik kebun dan setelahnya akan ditimbang serta dibungkus dengan branding Celebes Hidroponik, menarik bukan ?

Olahan Kebun yang Cocok untuk Cemilan , Tersedia Keripik Sayuran yang bisa langsung dikosumsi akan menambah minat anda untuk mencobanya. Membeli dari tempat kebunnya akan lebih berkesan tentunya. 

Contact Pemilik , Ada tiga cara untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sensasi berkebun sendiri. Pertama, datang langsung ke alamat green house Celebes Hidroponik Jalan Ciliwung Bawah NO.01 RW. 01 Kelurahan Lempuing. Kedua, menggunakan Aplikasi Whatsapp di Nomor 0895-6046-60839. Terakhir anda bisa lihat perkembangan dan update di Instagram @ Celebes_hidroponikbengkulu.


Related : Melihat Dari Dekat Kebun Hidroponik, Ternyata Begini

2 Komentar untuk "Melihat Dari Dekat Kebun Hidroponik, Ternyata Begini"

kapan bisa ke sana ya, ndak numpanng beli pokcoy, susah belinya di pasar

Keren banget ah kalo ngeliat tanaman hidroponik. Subur dan segerr gitu. Pengen buat juga tapi sadar itu cukup susah dan harus teliti. Akhirnya kembali ke tanah. Wkwk

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...