});

Portal informasi Seni, Budaya, Ragam dan semua tentang Bengkulu.

Benteng Marlborough

Photo : Fort Marlborough
Tanjungbungo(14/03)- Benteng pertahanan Inggris terbesar dan terkokoh di asia ini terdapat di kota Bengkulu berjarak 7 Km dari pusat kota. Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia membuat mata berdecak kagum dengan Ciptaan Allah SWT dilihat dari bukti sejarah Bengkulu ini. Lokasinya berada di Jalan benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu dan berhadapan dengan pantai Tapak Paderi.


Berbentuk seperti Kura-kura jika dilihat menggunakan Drone dari atas dengan Kepala menyamping ke arah laut, Menjadikan benteng yang kokoh ini menjadi lebih menarik untuk di kunjungi. Juga memiliki lorong bawah tanah yang sayangnya sekarang sudah ditutup dan langsung tembus kepantai dahulunya digunakan untuk keluar tanpa melalui pintu utama. Terdapat berbagai macam bentuk meriam di benteng ini, ada yang menggunakan rel ada pula yang bebaris dengan rapi.
Photo : mini bioskop di Benteng.

Sejarah SingkatBenteng Marlborough

Didirikan pada tahun 1713 - 1719 oleh Bangsa Inggris dibawah pimpinan gubernur Joseph Callet digunakan sebagai benteng pertahanan. Namun beberapa kali diserang oleh rakyat Bengkulu yang mengakibatkan meninggalnya dua tentara Inggria yakni opsir Robert Hamilton dan residen Thomas Parr masing - masing pada tahun 1793 dan tahun 1807.

Sebelum kemerdekaan di raih oleh Indonesia Benteng Marlborough diserahkan ke Depdikbud untuk dijadikan cagar budaya kemudian ada beberapa yang menjadikan benteng ini sebagai markas seperti Jepang, Polri, Hindia Belanda, TNI-AD.

Benteng Marlborough Sekarang

Benteng Marlborough sekarang sudah sangat berbeda dengan dahulu, banyak perubahan dan di tata untuk wisata. Provinsi Bengkulu salah satunya landmark yaitu benteng membuat karya di sini yaitu berupa tulisan di buat menggunakan beton dengan ukuran yang besar. Kita dapat berfoto di depan tulisan ini dan orang pasti sudah tau bahwa kita sudah pernah ke Bengkulu.
Photo : Benteng Marlborough pada mini skala.
Ada pula kilas balik sejarah benteng yang di tuangkan dalam bentuk Visual dengan menampilkan bioskop mini dengan penjelasan secara rinci tentang benteng terbesar se-asia ini. Dengan duduk manis semua pengetahuan benteng sudah kita dapat lewat tontonan ini, mulai di operasikan sewaktu acara warisan budaya Bengkulu. BPCB Jambi merupakan badan yang menaungi cagar budaya ini.


Jika anda berada di Bengkulu tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Benteng Marlborough. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah tentu saja sudah bisa berwisata sejarah dengan view samudra Hindia. Tak hanya dapat hiburan pengetahuan sejarah pun di peroleh di Benteng.(ang)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog dan #NulisSerempak Warisan Sejarah Budaya Bengkulu

Related : Benteng Marlborough

9 Komentar untuk "Benteng Marlborough"

Sekarang Benteng Marlborough udah lengkap banget ya dan beda sama yang dulu. Next time aku bakal datang lagi deh

Seru kak main kesini, kapan kita rame-rame kesini?

Aku mau lgi deh ke Benteng Msrlborough...keren soalnya..

Ajak anggota lengkap bobe buat trip wisata sejarah di bengkulu yuk kak..

harus datang kesini lagi nih, bnyak hal baru yg belum pernah di liat.

banyak yang bisa dipelajari di sana, belajar sejarah indonesia sambil menikmati pantai ya mas, mantab

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...