Penangkaran Gajah Seblat

Photo by Google.
Tanjungbungo (03/06) - Wisata alam sekaligus penangkaran Gajah yang ada di provinsi Bengkulu ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berada di Bengkulu. Pasalnya, kita dapat langsung berinteraksi langsung dengan gajah - gajah ini di alam bebas bukan seperti yang ada di kebun binatang umumnya. Berlokasi di Seblat, Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara. Butuh tiga jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Bengkulu.

Penangkaran Gajah Liar
Dari namanya sudah tentu tempat ini diperuntukan membesarkan gajah yang ada disini kebanyakan adalah gajah liar, kita dapat menjumpai anak gajah dan pelatihan gajah serta cara merawat gajah yang merupakan hewan darat terbesar yang hampir punah. Walaupun tempat ini merupakan penangkaran untuk gajah liar bukan berarti tidak ada gajah yang sudah terlatih, disini sudah banyak atraksi gajah yang dapat kita saksikan seperti gajah duduk, bermain bola, memberi makan dan memandikan gajah maupun keliling bersama gajah yang tentu saja sudah terlatih.

Habitat Ratusan Fauna dan Flora Endemic
Banyak pula hewan - hewan yang berada di penangkaran gajah seblat yang masih liar seperti tapir, rusa, badak Sumatera, harimau loreng Sumatera, kucing emas, kambing hutan, siamang, simpai, kera ekor pendek, berbagai jenis ular, burung ( rangkong, beo, pergam ), ayam berugau (ayam hutan endemic), dan masih banyak lagi serta jika beruntung akan menjumpai bunga langkah yang menjadi ikon Bengkulu yaitu Raflesia Arnoldi.


Situs warisan dunia UNESCO
Pada tahun 2004 UNESCO menetapkan Seblat menjadi situs warisan dunia yang membentang dari Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Tersedia fasilitas diantaranya kantor, wisma tamu, shelter, pusat informasi, sarana pendukung seperti MCK sudah ada ditempat ini. (ang)

Related : Penangkaran Gajah Seblat

50 Komentar untuk "Penangkaran Gajah Seblat"

Bagus banget tuh tempat wisatanya. Jadi pengen merasakan sensasi dekat dengan gajah-gajah liar di sana.

Ia hewan yg asik untuk d'ekplor . .

Wahhh jadi pengen kesana mas. makasih infonya. Jadi tau ada juga penangkaran gajah di Bengkulu

Ia kurang di ekspos tapi, hayo sama sama kita kenalkan ke Indonesia

bagian serunya kalo diajakin nyeberang sungai seblat dengan naik ini gajah ...seruuuu

Iya mas, ngeliat atraksi jga asik . .

Pasti nya Deket mana sih itu? Klo bawa anak aman gak y?

pengen bangetlah bisa ke sana, ajak anak-anak

Sudah lama pengen mampir kesini,namun belum juga sempat..moga nanti kesampaian utk wisata alam ke tempat ini

Hayo kita sama - sama ke penangkaran gajah seblat . .

Ajaklh mbak wisata seharian penuh jg gk ap2, mandiin gajah dll . .

Di dekat desa air muning mbak . .

wah baru tau kalo daerah putri hijau juga masih ada gajah sumatra ya.. udah pernah main ke sana mas?

Binatangnya jinak semua kan? Agak takut sih kalau dekat-dekat.

Sdah kang . . Ada Camp ny jg d'sana . .

Wah keren banget .
Gajah liar bahaya yak

Kalo yg d'penangkaran banyak sdah terlatih jadi aman. .

Pasti asik kalau bisa main dengan gajah 😍

Seru abis dong, mandiin jga kn sery

Mngkin hbis lebaran kita go . .

Saya sering lewat aja, kalau pulang kampung lewat putri Hijau. hehehe

Saya lihat gajah di kebun binatang aja udah takjub sama hewan raksasa ini, apalagi kalo bisa lihat di alam bebas pasti seru banget

Iya ayo buruan ke Bengkulu hhr

Salah satu hewan yang keberadaannya hampir punah..dan ini wajib dilestarikan.

Benar sekali, karena banyak d'buru orang2 yg tidak bertanggung jawab

Waah...pengen ke Bengkulu juga niih...

3 jam itu baru sampe kecamatannya kak, belum masuk dalemnya, itu lokasinya di Seblat PLG, dekat sama desa ku kak. 1 kecamatan malah, ayo main ke sana kak, jangan lupa mampir ke rumah ya,,

Nah ada lagi calon tourguide ny nih, ,

Saya baru tahu kalau di Bengkulu ada lokasi penangkaran gajah. Jadi kepingin ke sana ajak keluarga, tapi kira2 ntar bahaya nggak ya?

Dari kecil pengen naik gajah, pas ke kebun binatang. Tapi nggak pernah kesampaian. huhuhu

Wah musti di coba t mbak biar kesampaian.

Kereeen! Pengen banget deh ke Bengkulu dan lihat langsung bunga Raflesia.
Seru ya sepertinya wisata gajah ini. Smg keberadaannya semakin lestari, tidak punah. Aamiin..

(((maafkan baru sempat kunbal)) 😁😁😁

Aamiin, semoga kecapaian keBengkulu, terimakasih sdah mampir

Boleh juga nih kalo nanti ada kesempatan ke Bengkulu, hehehe

Salut buat orang-orang dibelakang ide ini, karena dengan sabar melatih gajah liar supaya jinak dan bisa menghibur masyarakat sekaligus juga melestarikan gajah yang hampir punah :)

Ia perlu keahlian khusus yg mempuni, dan tentunya resiko nya besar

Wah ini hewan favoritku, gajah kan terkenal sebagai hewan yg paling tinggi daya ingatnya. Klo ada kesempatan bisa dikunjungi nih 👍🏻

Kak Ghifa nih suka banget sama gajah. Pernah ke Bonbin lihat gajah kok nggak mau pulang. Wkwkwk

Wah ,semoga jadi anak yg baik sayang dengan binatang

Gajah kesukaan anakku..jd pengen ngajak dia kesitu paati happy dia

Ini belum terlalu dikelola, jadi walapun perorangan bisa menyaksikan, perkelompokvlebih baik

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...