Bajik Pinau

Photo : Bajik Pinau.
Tanjungbungo(30/05) - Olahan ini sudah sangat terkenal di daerah Bengkulu Selatan karena memang Bajik Pinau diambil dari kata satu Desa daerah di sana, yakni desa Pinau. Terbuat dari padi Pulut atau ketan yang ditanak, berstektur sedikit keras dengan baluran gula merah, dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang sudah berwarna cokelat atau sering disebut " kerisik " daun pisang ini sudah mulai menua, inilah yang menjadi ciri khas kuliner satu ini.
Dahulunya kuliner ini hanya tersedia pada acara kawinan namun dalam perkembangannya, Bajik Pinau sudah menjadi kuliner yang dapat disantap setiap saat, karena sudah dijual sebagai kue khas Bengkulu Selatan khususnya di Pino Raya. Dengan rasa yang manis cukup tajam atau sebutannya dalam Bahasa serawai " Betekak ". Sangat cocok untuk teman minum teh dan kopi.
Photo : Kerisik ( daun pisang yang sudah tua).
Bajik Pinau ini sangat awet bisa tahan sampai satu bulan dari proses memasaknya, Apabila disimpan ditempat yang bagus. Jika sedang berada di Bengkulu harus mencoba kuliner ini. Penasaran mau coba kuliner khas Bengkulu yang satu ini, langsung saja beli disimpang Kelutum, Pino Raya, Bengkulu Selatan atau bisa cari ditokoh oleh - oleh khas daerah di Bengkulu yang ada di Anggut Atas.(ang)

Related : Bajik Pinau

20 Komentar untuk "Bajik Pinau"

Artikel yang sangat informatif gan, memang Serawai punya banyak aneka olahan kuliner yang cocok untuk dijadikan bahan oleh2 ...

Hayo kuliner apalagi yg kudu kita post ?

Jadi ketan itu bahasa Bengkulunya padi pulut ya mas? Saya ngebayanginnya ini seperti ketan enten-enten kalau di Semarang (atau daerah Jawa Tengah), bedanya kalau enten-enten itu ada campurannya kelapa parut :)

Ia mbak anjar, bahasa Bengkulunya pulut,Bentukny kyak wajik tpi kering nggak lembut

makanan khas kah ini kak? saya belum pernah denger soalnya.

Ia makanan khas dari Bengkulu selatan ..

rasanya super manis kan..? Kyak ny mirip" makanan khas jawa(lupa daerah mana) . cuma klo di jawa pke daun jagung yg kering.

favorit makanan di rumah nih brow, mantaap

Ia ad jga y dijawa, apa nama jagung yg udh tuany hhe, kalo kami ya itu kerisik

Indonesia kaya kuliner lokal. Ini rasanya manis banget, jadi makannya dikit2 ya.

Saya sangat suka bajik, tapi belum pernah nyicip bajik pinau.

Banyak ato dikit jga nggk ap2

Waaaa ngiler waaaa hehe
Yang manis-manis begini enak banget buat dijadiin temen nulis deh :D

Pastinya , ditambah satu cangkir teh manis . .

Lebaran hayo ke Bengkulu Selatan . .

Hhha, boleh tapi jadiin takjil hha, jgan dmkn kini kan puasa

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...