Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Thursday 13 April 2017

Lempuak / Lempok

Photo : Lempok Durian Bengkulu.
Tanjungbungo(13/04) - Lempok Bengkulu adalah olahan Durian yang berasal dari Bengkulu dan pada umumnya banyak juga di Sumatera. Mirip dengan Dodol yang membedakannya hanya bahan dasar pembuatanya saja, adalah daging durian yang masih fresh dan tentunya sudah matang. Berstektur lembut rasanya manis serta warna coklat kehitam - hitaman, ini dikarenakan proses memasaknya yang lumayan lama sekitar 3 - 5 Jam jika memasak dalam skala besar.

Cara memasaknya tidak perlu repot, karena cukup dengan tambahan gula dan garam sesuai takaran sebagai contoh untuk 4 - 5 kg daging durian yang matang diperlukan 1 kg gula pasir dan tambahan garam 1 sdt. Baiknya menggunakan api dari kayu bakar secara langsung, karena sensasi yang tercipta akan berbeda jika dimasak menggunakan kompor.

Berawal dari hasil panen buah durian yang melimpah, masyarakat Bengkulu memutar otak bagaiman memanfaatkan buah ini agar tahan lama, karena buah buahan terutama Durian hanya mampu bertahan tidak lebih dari satu minggu. Sedangkan jika sudah dimasak menjadi kue Lempok akan bertahan sampai berbulan - bulan jika disimpan ditempat yang baik. 

Dahulu menikmati buah durian hanya pada saat musim durian, namun untuk saat ini menikmati durian meskipun hanya olahannya dapat setiap saat kita cukup membelinya di tokoh oleh - oleh Bengkulu di kawasan Anggut atas. Jika penasaran langsung cicipi olahan Durian yang satu ini. (ang)

8 comments:

  1. Proses pemasakan yang lama menghasilkan cita rasa yg khas..,ini harus diangkat agar lebih banyak orang tahu

    ReplyDelete
  2. betol bisa makan lempok tiap saat. tapi harganya masih mahal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apalah mahal dkit tapi durianny bukan sekedar rasa, tapi 100 % hhe

      Delete
  3. kami sekeluarga doyan semua makan durian, kalo sedang banjir mudarh ya tapi gak bisa buat lempok pasti butuh banyak duriannya

    ReplyDelete
  4. Suka dibawain tanteku lempok durian ini, tapi bukan dari bengkulu dari Lampung asal omku

    ReplyDelete
  5. ass, ini video sederhana kita masak lempoknya bang digubuk sderhana Masak Lempok

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...