Tanjungbungo.com

REFERENSI DESTINASI WISATA, KULINER & HOTEL di BENGKULU

Monday 27 March 2017

Tari Andun

Photo : Tari Andun Khas Bengkulu.
Tanjungbungo(27/03) - Indonesia tak henti - hentinya memberikan kejutan di bidang warisan budaya salah satunya tari, hampir setiap daerah mempunyai berbagai tarian masing - masing dan merupakan satu hal yang patut di banggakan. Di Bengkulu khusunya Bengkulu Selatan ada sebuah tari yang patut kita kenal dan lestarikan agar nantinya tak hilang begitu saja, bertitle Tari Andun. Andun sendiri adalah bahasa Bengkulu Selatan yang berarti bergaul atau hanya sekedar ingin melakukan sesuatu tanpa ada hal yang lain melatar belakanginya.

Menurut Wikipedia, Tari Andun merupakan  salah satu tarian rakyat yang berasal dari Bengkulu, dan dilakukan pada saat pesta perkawinan. Dilakukan pada resepsi pernikahan bagi pengantin, serta bujang gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diiringi kolintang. Pada zaman dahulu digunakan sebagai ajang pencarian jodoh setelah panen padi dalam perkembangannya tari ini dibuat sebagai sarana hiburan.

Cara melakukan tari ini cukup mudah, hanya dengan merentangkan tangan dan sedikit ditekuk ke atas. Dengan gerakan yang khas serta maju dan mundur sesuai irama menjadikan tari ini asik dilakukan berpasangan maupun rombongan. Biasanya tarian dilakukan berpasangan dan untuk penutup dilakukan besama- sama.

Adapun perlengkapan yang dilakukan saat hiburan di resepsi pernikahan, satu meja untuk pemisah dan perlengkapan tertentu. Ornamen yang dilperlukan Selendang, kain sarung, peci untuk laki - laki. Namun ada yang harus di hindari saat tari dilakukan yaitu tidak boleh bujang dan gadis dalam satu desa karena akan dikenakan sanksi terutama yang masih mempunyai ikatan darah.Dalam berpasangan dipilih dengan cara sendiri oleh pasangan yang sebelumnya menari dan tidak boleh menolak, dan begitu seterusnya hingga penutup dilakukan rombongan.

Untuk lebih jelas bisa tonton Video Berikut :




6 comments:

Silahkan berkomentar secara Bijak dan sesuai dengan topik pembahasan...